Kumpulan Artikel Blog Tokomobile

Wednesday, May 8, 2019, 09:25

aplikasi online shop toko online lengkap terjangkau murah

 

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi para pemilik bisnis. Mengapa menjadi istimewa karena di bulan Ramadhan ini perilaku konsumen menjadi berubah bila dibandingkan dengan bulan-bulan yang biasa.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi para pemilik bisnis. Mengapa menjadi istimewa karena di bulan Ramadhan ini perilaku konsumen menjadi berubah bila dibandingkan dengan bulan-bulan yang biasa.

Adanya perubahan perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadhan ini tentunya disebabkan oleh berubahnya pola makan, aktivitas sehari-hari, suasana Ramadhan, dan tradisi-tradisi agama maupun masyarakat selama bulan ini.

Perubahan perilaku konsumen ini tentunya harus dicermati oleh para pemilik bisnis khususnya dalam membuat strategi untuk marketing dan promosi. Promosi dan marketing di bulan Ramadhan menjadi penting karena hanya terjadi 1 kali dalam setahun.

Bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk para pemilik bisnis dalam meningkatkan brand awareness. Tentunya semua harus diawali dengan memahami perilaku konsumen di bulan Ramadhan ini terlebih dahulu.

Kami merangkum tujuh perilaku konsumen dibulan Ramadhan berdasarkan riset Think Ramadhan with Google. Delapan perilaku ini akan menjadi inspirasi untuk strategi promosi dan marketing bisnis Anda.

 

Waktu Istirahat Lebih Banyak

Perubahan pola makan dan waktu luang yang lebih banyak membuat masyarakat Indonesia yang berpuasa kebanyakan memanfaatkan waktunya untuk beristirahat selama Ramadhan. Inilah hasil dari pengamatan Google.

Jam makan yang biasanya digunakan untuk makan siang diganti dengan jam istirahat. Libur panjang Lebaran juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beristirahat setelah sibuk dalam rutinitas.

Jika Anda berniat untuk membuat konten promosi atau update produk dari bisnis Anda, Anda dapat manfaatkan waktu di sela-sela istirahat dan juga waktu luang mereka. Anda bisa membuat materi konten yang disesuaikan dengan kondisi orang-orang sedang santai/rileks.

 

Menghabiskan Waktu Online Lebih Banyak

Waktu luang dan istirahat yang banyak berpengaruh pada aktivitas hariang orang yang sedang berpuasa salah satunya adalah berselancar di internet. Pada waktu ini, orang Indonesia menghabiskan waktu berselancar di internet lebih banyak dari bulan lainnya.

Data menurut Google konsumsi internet via smartphone orang Indonesia terus meningkat. Di tahun 2017 saja, peningkatannya mencapai 20 persen. Tentu ini menjadi peluang bagi pemilik bisnis online untuk meningkatkan ‘kehadiran’ (presence) produk di internet.

Informasi produk maupun promosi bisnis Anda ketika Ramadhan haruslah tersedia di dunia maya. Semua orang yang mengakses internet lebih banyak ketika Ramadhan itulah calon konsumen potensial untuk Anda.

 

Memperhatikan Penampilan Yang Lebih Ketika Bulan Ramadhan

Selama bulan Ramadhan, satu bulan penuh, orang-orang bukan hanya berlomba untuk meningkatkan amal ibadah. Lain daripada itu adalah orang-orang juga berlomba-lomba untuk memberikan penampilan terbaik.

Oleh karenanya banyak produk perawatan tubuh dan juga kecantikan dicari oleh orang-orang. Selain itu sector fashion juga turut dilirik. Memang Ramadhan identik dengan hal yang baru. Apalagi ketika Lebaran tiba.

Bagi Anda pemilik bisnis fashion atau produk perawatan tubuh maupun kecantikan dapat memanfaatkan peluang ini. Apalagi sector fashion dan produk personal care mendominasi produk yang paling dicari selama Ramadhan.

 

Mengerjakan Ibadah Lebih Rajin

Bulan Ramadhan adalah kesempatan emas bagi orang-orang untuk lebih banyak beribadah tentunya jika dibandingkan dengan bulan-bulan puasa. Google mencatat kata kunci terkait ibadah seperti kultum, doa dan kisah nabi adalah yang paling dicari.

Menghadapi konsumen yang sedang rajin beribadah, tentunya Anda sebagai pemilik bisnis akan ikut pola aktivitas mereka sehari-hari. Terhadap hal ini ada baiknya Anda menghindari promo atau update produk Anda di waktu-waktu orang beribadah.

 

Lebih Dermawan

Bulan beribadah tentunya menjadi waktu yang sangat baik untuk orang-orang untuk beramal. Menurut Google, kata kunci ‘zakat’ mengalami peningkatan yang sangat signifikan selama bulan Ramadhan.

Kebanyakan orang Indonesia mencari kata kunci zakat dengan hal yang terkait seperti, tata cara zakat. Para pemilik bisnis dapat memanfaatkan momen ini untuk mengajak konsumen beramal dengan menyumbang sekian persen dari produk yang konsumen beli.

 

Mencari Promo Lebih Sering

Setiap orang pastinya senang dengan adanya promo, entah itu dalam bentuk potongan harga, beli 1 gratis 1, dan sebagainya. Di bulan Ramadhan ketertarikan akan promo menjadi lebih lagi bila dibandingkan dengan bulan biasa.

Mengingat bulan pada saat bulan Ramadhan permintaan terhadap produk juga tinggi begitu juga dengan penjualan, maka Anda pastinya harus membuat promo yang disesuaikan dengan Ramadhan. Inilah kesempatan Anda untuk meningkatkan penjualan lebih dari bulan sebelumnya.

 

Melakukan Transaksi Lebih Banyak

Gempuran promosi selama bulan Ramadhan membuat orang-orang Indonesia mempunyai banyak pilihan untuk berbelanja. Inilah yang membuat mereka pada akhirnya melakukan transaksi lebih banyak.

Jenis produk yang dijual pun bermacam-macam dari fashion, kuliner, personal care, tiket, dll. Untuk Anda yang baru memulai bisnis pada bulan Ramadhan tahun ini pun memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan bisnis Anda.

Bisnis Anda setidaknya cukup dikenali dalam online presence (kehadiran di dunia maya) untuk bisa mereguk untuk di bulan Ramadhan. Mau bisnis Anda makin populer dengan memiliki toko online sendiri? Anda bisa memulainya dari sini.


No comments yet.
(*) Required fields

Newsletter

Kontak Kami | Blog | Kunjungi Novatama

(c)2019, All Rights Reserved