Kumpulan Artikel Blog Tokomobile

Friday, May 10, 2019, 09:09

aplikasi online shop toko online lengkap terjangkau murah

 

Bulan Ramadhan telah tiba, inilah saatnya bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Banyak orang menjadikan momentum Ramadhan untuk berhemat, namun pada kenyataannya pengeluaran malah membengkak.

Bulan Ramadhan telah tiba, inilah saatnya bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Banyak orang menjadikan momentum Ramadhan untuk berhemat, namun pada kenyataannya pengeluaran malah membengkak.

Pengeluaran di bulan puasa bisa sampai 2-3 kali lipat, ini bisa terjadi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan bersama-sama apakah itu buka puasa bersama dan lainnya. Selain itu, persiapan Ramadhan dengan membeli beragam kebutuhan juga turut menguras kantongmu.

Agar tidak banyak menguras kantongmu, mulai saat ini kamu bisa mengecek pos-pos pengeluaran saat Ramadhan. Selengkapnya mari ikuti tips berikut agar Ramadhanmu makin hemat.

 

1. Rencanakan Belanjamu Dalam Sebulan

Di bulan Ramadhan ini kamu harus mengatur menu makanan setiap harinya di saat sahur dan berbuka. Catat keperluan bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlahnya. Hal ini untuk memudahkan kamu dalam menghitung perkiraan pengeluaran kamu selama sebulan. Selain itu, kamu tidak akan memiliki sisa makanan, yang tentunya tidak ada makanan yang terbuang sehingga lebih hemat.

 

2. Membatasi Buka Puasa Di Luar

Saat bulan puasa, tentunya kamu akan menerima ajakan untuk buka bersama atau Bukber oleh teman kerjamu, sekolah dan teman rumahmu. Hal ini tentu sangat baik  sebagai silaturahmi dengan orang lain. Perlu diperhatikan dalam hal ini adalah jangan sampai keseringan melakukan buka puasa di luar. Harga bahan makanan yang meningkat membuat harga makanan di tempat buka puasa bersama juga naik, jadi pengeluaranmu pasti lebih banyak.

 

3. Membawa Bekal Dari Rumah

Ketika pekerjaanmu memaksa kamu untuk bekerja lembur sehingga kamu tidak bisa berbuka puasa di rumah ada baiknya untuk membawa bekal dari rumah. Membawa bekal akan membuat kamu tidak pergi buka puasa di luar. Sudah pasti harga makanan di luar atau tempat berbuka puasa akan lebih mahal dibandingkan jika kamu membawa bekal dari rumah.

 

4. Membuat Cemilan Buka Puasa Sendiri

Setelah kamu membatasi untuk tidak buka puasa di luar maka cara terbaik adalah buka bersama keluarga di rumah. Untuk menu-nya kamu bisa membuat sendiri bersama keluarga, sambil menyambut berbuka ini akan menjadi saat yang menyenangkan. Daripada kamu beli di luar tentunya bisa menyebabkan kantongmu kempes bukan?

 

5. Memanfaatkan Promo dan Diskon

Jika ada kesempatan buka di luar dan tidak bisa kamu hindari ada baiknya kamu untuk memanfaatkan promo dan diskon saat Ramadhan. Kamu bisa memilih tempat berbuka yang menyediakan potongan harga maupun paket yang lebih hemat bersama teman-teman. Eiits, tapi sesekali saja ya!

 


No comments yet.
(*) Required fields

Newsletter

Kontak Kami | Blog | Kunjungi Novatama

(c)2019, All Rights Reserved