Kumpulan Artikel Blog Tokomobile

Tuesday, June 25, 2019, 07:29

aplikasi online shop toko online lengkap terjangkau murah indonesia

 

Berbelanja melalui diskon, membuat banyak orang mendapat barang-barang incaran dengan harga lebih murah. Namun, jika tidak terkendali dan tidak direncanakan matang, bisa berpotensi membeli lebih banyak karena harganya yang jauh lebih murah.

Berbelanja melalui diskon, membuat banyak orang mendapat barang-barang incaran dengan harga lebih murah. Namun, jika tidak terkendali dan tidak direncanakan matang, bisa berpotensi membeli lebih banyak karena harganya yang jauh lebih murah. Padahal, belum tentu barang yang dibeli tersebut berguna di kemudian hari.

Ada baiknya, sebelum berburu barang diskon, kita pilah dulu barang mana yang dibutuhkan untuk dibeli, serta barang mana yang sekadar diinginkan.

Berikut tips memanfaatkan potongan harga yang ditawarkan di musim diskon, menikmati belanja tapi keuangan tetap terjaga:

 

1. Memburu Informasi Diskon

Sebelum berbelanja, ada baiknya untuk Anda mencari tahu informasi soal merk atau barang apa saja yang sedang diskon. Bandingkanlah juga dengan harga normal, seberapa besar potongan harganya. Riset kecil-kecilan ini bisa Anda cari melalui Google.

Apalagi jika promo tersebut ditawarkan toko online, maka Anda bisa window shopping terlebih dahulu sebelum memutuskan akan membelinya atau tidak.

 

2. Membuat Daftar Belanja

Anda perlu membuat daftar yang berisi produk apa saja yang ingin dibeli dengan promo atau diskon. Misalnya, Anda ingin membeli tas, pakaian, sepatu, untuk bekerja. Bisa juga berupa perkakas rumah tangga, termasuk furniture, kulkas, televisi, dan peralatan rumah lain.

Berbelanja tanpa perencanaan akan membuat Anda membeli hanya barang yang diinginkan. Ini tentu kurang baik. Adanya daftar belanja, membuat Anda dapat menyaring mana yang benar-benar dibutuhkan.

 

3. Menentukan Anggaran

Setelah menyusun daftar belanja, sekarang Anda bisa membuat perencanaan soal anggaran yang akan dikeluarkan. Tentunya, Anda bisa membatasi pengeluaran dalam jumlah tertentu untuk berbelanja. Anggaran belanja yang Anda pegang ini bisa jadi alarm yang akan berbunyi jika melewati batas yang sudah ditentukan.

Jika kondisi finansial terbatas, Anda bisa menentukan budget terlebih dahulu sebelum menentukan barang apa yang akan dibeli.

 

4. Menggunakan Dana Darurat Bila Terpaksa

Dana darurat biasanya digunakan untuk sesuatu yang terjadi tanpa diduga untuk menutupi kekurangan budget harian. Namun, untuk memanfaatkan momen musim belanja diskon yang hanya setahun sekali. Anda bisa menggunakan dana darurat ini. Dengan catatan, ini langkah terakhir yang bisa diambil.

Idealnya, dana darurat yang tersedia sebesar tiga kali pengeluaran bulanan untuk lajang, enam bulan pengeluaran untuk pasangan belum punya anak, dan 12 bulan untuk pasangan dengan anak.


No comments yet.
(*) Required fields

Newsletter

Kontak Kami | Blog | Kunjungi Novatama

(c)2019, All Rights Reserved